Dalam artikel tentang android sebelumnya yang sudah di posting oleh salah satu rekan saya yang merupakan salah satu admin dari evotechno, sudah dijelaskan apa itu android, bagaimana cara menginstalnya, dan bagaimana cara menginstal aplikasi-nya melalui internet atau file.
dalam artikel ini saya akan melanjutkan perjuangannya untuk memberikan informasi mengenai android. artikel ini akan menerangkan bagaimana membuat project di android.
1) buka aplikasi eclipse terlebih dahulu. setelah itu pilih pada menubar, file –> New –> Project..


2) setelah itu akan muncul jendela baru, pilih Android Project.

3) isikan Project Name, Application Name, Pakcage Name, Activity (jika diperlukan), seperti di bawah ini :
perlu diingan dalam memasukkan Package name, diharuskan memasukkan min 2 identifier yang dipisahkan oleh titik dengan bentuk umum seperti berikut, [identifier].[identifier] . dalam contoh project ini saya package name yang saya buat adalah android.evotechno . klik Finish jika sudah.

4)  jika pengisian nama project sudah selesai, selanjutnya akan langsung masuk ke lembar kerja eclipse. pada Package Explore yang ada di sebelah kiri lembar kerja akan terlihat package – package yang sudah kita buat. pada tengah lembar kerja merupakan coding dasar yang secara otomatis sudah ada oleh wizard.

5) selanjutnya adalah menkonfigurasi untuk menjalankan aplikasi. pilih pada menu-bar Run –> Run Configuration.
lalu klik kanan pada Android Application –> new , isikan nama konfigurasi sesuai yang kita inginkan. lalu pada tab android browse project yang ingin kita jalankan.

selanjutnya pilih tab Target dan pilih virtual device yang ingin kita pakai.  jika semuanya sudah pilih Apply, dan setelah itu pilih Run.
maka emulator akan muncul, tunggu hingga proses loading selesai. dan berikut adalah tampilan aplikasi yang sudah kita buat.